Spirit Kebangkitan Quran di Tengah Kristenisasi Malang Selatan

Spirit Kebangkitan Quran di Tengah Kristenisasi Malang Selatan - 30 jan 2019

Umat Islam di manapun berhak untuk mendapatkan pencerahan dengan Al-Quran, termasuk para warga dan muallaf di Desa Sumber Tangkil dan Dusun Lenggoksono, Malang.

Berdasarkan data desa, pada medio 2018 jumlah pemeluk agama Islam memang minoritas di dusun Lenggoksono. Namun ummat Islam mendapatkan spirit yang sangat menakjubkan untuk kembali menghidupkan proses belajar Al-Quran di desa.

Pada tanggal 27 Januari 2019, berlokasi di Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Sumber Tangkil dan Dusun Lenggoksono, Cinta Quran Foundation berkerjasama dengan Yayasan Inqilabi, alhamdulillah berkesempatan menyelenggarakan training baca Quran.

Pelatihan ini diikuti oleh sekitar 30-40 orang yang terdiri dari peserta pria dan wanita. Secara usia, para peserta merupakan warga muslim paruh baya yang berumur dari 30 hingga 60an tahun. Penempatan kelas dilaksanakan secara terpisah antara peserta pria dan wanita.

Dalam pelaksanaanya, pelatihan baca Quran ini tentu tidak berjalan mulus begitu saja, banyak kendala yang dihadapi Tim IBBQ. Salah satu kendala yang cukup menjadi hambatan terlaksananya pelatihan IBBQ adalah karena kegiatan ini sempat mendapat penolakan dari tokoh dusun Lenggoksono.

Meskipun begitu, alhamdulillah hal ini bukan menjadi tembok penghalang yang berkepanjangan untuk Tim IBBQ, akan tetapi ini menjadi penyemangat para tim untuk melaksanakan pelatihan baca Quran.

Karena menurut data desa pada medio tahun 2018 jumlah muslim di dusun tersebut berkisar 40% dan sisanya berkisar 60% warga beragama Kristen. Belum lagi mereka terkadang masih harus dihadang oleh bahaya pemurtadan dan minimnya pengetahuan mereka tentang Al-Quran.

Dan barulah pada akhir tahun 2018, terjadi peningkatan masyarakat yang memeluk islam, dari tadinya sekitar 40% meningkat menjadi 60%, bahkan di akhir kelas ada salah seorang bapak bernama Pak Misran mengungkapkan harapan yang besar kepada Tim IBBQ untuk melalukan hal yang serupa di desanya lagi.

Pak Misran bertekad akan membantu menyediakan 10 kelas untuk selanjutnya, karena beliau sadar bahwa program dan metode dengan cara ini sangat mudah dimengerti dan dipahami terutama oleh orang dewasa.

Semoga semangat Pak Misran menjadi semangat kita untuk terus mendukung Program ini , demi mewujudkan Indonesia Cinta Quran. (/is)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *