Lapas Banjar Bebaskan Puluhan Warga Binaan dari Buta Baca Huruf AlQuran

ibbq lapas banjar web kp

Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banjar menyelenggarakan Pembinaan Kepribadian khususnya bidang Kerohanian yakni dengan program belajar membaca Al-Qur’an. Bekerjasama dengan Cinta Qur’an Foundation, Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banjar pun membebaskan warga binaannya dari buta huruf Al-Quran. Melalui program IBBQ yakni Indonesia Bisa Baca Qur’an yang digelorakan oleh Cinta Qur’an Foundation ini, warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banjar sangat terbantu dari yang sebelumnya tidak mengenal Huruf Hijaiyah menjadi bisa membaca Qur’an ataupun yang awalnya belum lancar kemudian menjadi lebih lancar dalam membaca Qur’an.

Program IBBQ ini ditunjang oleh Metode Tahrir yang memudahkan warga binaan dalam belajar baca Qur’an dengan Super Cepat dan Super Hebat. Didukung pula oleh penyampaian materi yang proaktif kepada warga binaan dan diselingi dengan nyanyian, gerakan badan serta canda tawa sehingga tak diragukan lagi bahwasanya proses ini menarik perhatian dan mempermudah warga binaan dalam mempelajari setiap penjelasan M. Zainudin dari tim Cinta Qur’an Foundation.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banjar Agus Wahono,A.Md.IP., S.H., M.H. menyambut baik program IBBQ. Beliau berharap program tersebut dapat berkelanjutan selaras dengan tujuan bahwasanya apabila lebih sering diselenggarakan maka lebih sedikit pula warga binaan yang buta baca Qur’an nantinya. Sehingga kebiasaan membaca Qur’an dapat menjadi pengisi waktu warga binaan agar dapat lebih mendekatkan diri pada Alloh SWT. Beliau pun menyampaikan bahwa memang pada dasarnya semakin banyak kegiatan yang dilaksanakan di dalam Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banjar maka semakin baik pula pembinaan bagi para warga binaan dan tentunya dapat berpengaruh juga pada keamanan dan ketertiban yang kondusif.

Ketika ditanyakan perihal antusiasme serta daya tangkap warga binaan dalam mengikuti materi yang disampaikan, Ustadz Abu Syakir selaku trainer dari Cinta Qur’an Foundation menjelaskan bahwa warga binaan Lapas Banjar dinilai sangat antusias, bersemangat dan dapat dikategorikan cerdas serta cepat menyerap materi dengan baik. Adapun tanggapan warga binaan terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut dikomentari dengan positif dan berterima kasih karena sangat memberi jalan untuk memiliki kemampuan baca Qur’an, sehingga dapat memanfaatkan waktu dalam menjalani masa pidana dengan senantiasa membaca Kalam Alloh tersebut sebagai langkah introspeksi menjadi insan yang lebih baik lagi. ( LuLu NY : Tim Humas Lapas Banjar )

sumber : Web Humas Lapas Banjar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *