Belajar Islam, Lalu Belajar Baca Quran

ibbq mullaf 19 nov 2018

Hidayah Islam bagi seorang mullaf memang seringkali menuntun konsekuensi. Konsekuensi yang dimaksud ini tidak hanya tentang konsekuensi ujian saja, semisal hilangnya pekerjaan, renggang hubungan dengan keluarga, dan sebagainya. Konsekuensi lainnya adalah tentang meningkatkan kapasitas dasar sebagai seorang muslim di usia dewasa.

Bagi seorang muallaf, apalagi yang masuk Islam di usia dewasa, membuatnya mesti lebih cepat belajar karena secara hukum fiqh sudah memilik kewajiban berbagai ibadah fardhu.  Pengetahuan Islam yang utama dan harus cepat dipelajari adalah sholat dan berwudhu. Setelah itu, membaca aksara Arab dalam AlQuran dan referensi dalil lainnya menjadi bagian penting  untuk memperdalam berbagai ilmu serta khazanah Islam.

Pada Ahad 18 November lalu, Tim Indonesia Bisa Baca Quran (IBBQ) Cinta Quran Foundation menyelenggarakan kelas untuk para muallaf. Bertempat di Masjid Al-Aqsa perumahan De Latinos, BSD City, 20 muallaf binaan Muallaf Center mengikuti kelas IBBQ.  Peserta yang hadir terdiri dari 7 muallaf pria dan 13 muallaf wanita dari  berbagai daerah di sekitar Jabodetabek.

Acara pelatihan IBBQ ini dimulai pukul 09.00 WIB oleh master trainer Ustadz Harun Al-Rasyid. Dengan antusias, para peserta mengikuti pelatihan membaca Quran. Menurut pengakuan sebagian besar peserta, mereka baru pertama kali belajar dan mengenal aksara Arab di pelatihan ini. Meskipun  begitu, bi idznillah, dengan semangat belajar yang tinggi para peserta muallaf mulai mengenal huruf dengan mudah.

Semoga langkah awal para peserta untuk memperlajari Quran ini menjadi saksi keseriusan mereka untuk mengenal dan memperkuat keislamannya. Dan juga Cinta Quran Foundation dengan program IBBQ ini dapat terus membantu meluaskan kecintaan Quran kepada ummat di seluruh dunia, terlebih di penjuru nusantara yang membutuhkan. (/fdl)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *