Belajar Baca Quran di Lapas Gunung Sindur

ibbq lapas gn sindur 18 nov 2018

Alhamdulillah, Program Indonesia Bisa Baca Quran begitu luas diterima dan semakin dibutuhkan oleh masyarakat di segala penjuru negeri. Tak terkecuali para narapidana yang pernah melakukan perbuatan kriminal di hari-hari terdahulunya, ingin juga kembali mengenal Quran.  Bahkan program IBBQ yang berjalan di lembaga-lembaga pemasyarakatan merupakan permintaan langsung dari Kepala Lapas terkait.

Tim IBBQ Cinta Quran Foundation pada tanggal 19 November 2018, kembali dipercaya menyelenggarakan training membaca Quran di Lembaga Pemasyarakatan. Tepatnya di Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor , Jawa Barat. Meski ini bukan pertama kalinya, IBBQ yang dilaksanakan di Lapas Gunung Sindur ini dihadiri oleh mayoritas peserta yang baru pertama kali mengikuti training membaca Quran.

Agenda training IBBQ dimulai pada pukul 9 pagi. Pada kegiatan kali ini, sebanyak 60 peserta dibagi ke dalam 2 kelas berbeda. Satu kelas dihadiri 25 orang peserta, sedangkan kelas yang lainnya dihadiri sebanyak 35 orang peserta karena luas ruangan yang tidak sama. Alhamdulillah, persiapan kegiatan yang telah dilakukan sejak jam setengah 8 pagi ini, dibuka dengan lancar di kedua kelas tersebut.

Tiba kemudian waktu makan siang sekaligus sholat dzuhur berjama’ah. Para peserta dan juga trainer dan segenap kru IBBQ melaksanakan sholat berjama’ah di Masjid Lapas. Saat waktu makan siang, para peserta mengobrol bersama kru IBBQ sembari menikmati santapan yang disediakan. Para peserta yang juga kesemuannya adalah narapidana itu menceritakan betapa senangnya mereka kembali dapat bisa belajar Quran. Walau pun di dalam Lapas disediakan Quran dan bacaan lainnya, mereka jarang yang mau membaca. Dengan izin Allah SWT, kedatangan Tim IBBQ dari Cinta Quran Foundation ini kembali membuat para napi ini bersemangat kembali untuk membaca Quran serta memperbaiki bacaanya Quran mereka.

Setelah sholat dan makan siang, akhirnya Training baca Quran IBBQ kembali dilanjutkan. Para peserta secara interaktif diminta mengulangi yang mereka pelajari di sesi awal tadi. Pelatihan berlanjut hingga pukul 3 sore dan ditutup dengan sesi Wifle, yakni mengungkapkan kesan mereka terhadap pelatihan serta resolusi mereka ke depannya untuk kembali bersemangat belajar membaca Quran. (/fdl)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *